PPDB Terkedala Secara Online, Bisa Siswa Datang Kesekolah Daftar Manual (Jangan Lupa Pakai Masker)
PPDB Online

By Doni Maris Indra 06 Mei 2020, 14:37:37 WIB Teknologi
PPDB Terkedala Secara Online, Bisa Siswa Datang Kesekolah Daftar Manual (Jangan Lupa Pakai Masker)

Gambar : Daftar Online Tak Bisa, Silakan Daftar manual di Sekolah


Muara Kelingi, Humas.Id -Tahun pelajaran 2019/2020 belum berakhir. Bahkan kegiatan belajar masih berlangsung, sementara peserta didik kelas akhir belum melaksanakan ujian sekolah. Namun aroma kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah mulai terasa.

Sebagaimana kita tahu, bahwa idealnya pendaftaran calon peserta didik baru dilaksanakan setelah ujian sekolah dan kenaikan kelas dilaksanakan. Sesuai juknis PPDB berlangsung pada akhir semester II pada tiap tahun ajaran.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, promosi sekolah tidak perlu dilakukan dengan kunjungan ke sekolah pada jenjang dibawahnya. Adanya website sekolah, menjadikan kemudahan sekolah untuk mempromosikan program sekolahnya ke masyarakat luas.

Kini, pendaftaran calon siswa baru (PPDB) mulai menggunakan cara online. Sekolah yang memiliki fasilitas yang mendukung pelaksanaan PPDB online mulai memasang informasi dan promosi terkait PPDB.

Tidak hanya itu saja, ternyata di sekolah-sekolah unggulan telah mulai melakukan kegiatan penerimaan calon peserta didik baru. Meskipun secara resmi belum dibuka, namun pendaftar sudah berbondong-bondong mendaftarkan putra putrinya. Istilahnya mungkin sekedar nitip nama saja.

Pendaftar pun semakin dimudahkan dengan pendaftaran secara online. Tidak perlu datang ke sekolah yang dituju. Menurut sebagian pendaftar, sistem online memudahkan orang tua mendaftarkan anaknya. Sementara bagi sekolah sendiri, PPDB online lebih praktis dan tidak mengganggu proses kegiatan pembelajaran.

Beberapa manfaat PPDB online;

1. Mengurangi kebutuhan akan tenaga penerima pendaftaran.

2. Menghemat waktu baik bagi pendaftar maupun TU dan operator sekolah

3. Memberikan kebebasan kepada siapa saja untuk mendaftar.

4. Transparansi proses PPDB.

5. Meningkatkan branding sekolah

6. Menambah wawasan orang tua tentang manfaat IT untuk mendukung proses pembelajaran bagi putra-putrinya.

 

Demikian beberapa manfaat PPDB online. Meskipun demikian, ada hal yang harus diperhatikan sekolah dalam penggunaan PPDB online.

1. Jangan memaksakan sekolah, jika belum memiliki tenaga pendidikan yang melek IT

2. Jangan menerapkan PPDB online jika diketahui peminatnya adalah masyarakat yang tidak paham dengan perangkat pendukung ppdb online

3. Tidak menggunakan sistem online ketika sekolah tidak memiliki jaringan internet.

TANTANGAN SEKOLAH:

Selain itu Juga tantangan , yang akan di hadapi sekolah adalah, sekolah harus memperhatikan bagaimana kesiapan Orang tua dan anak dengan teknologi yang di pakai saat ini, karena sistem online  karena tidak semua orang tua dan anak mampu membeli HP android atau Smart Phone.

Sosialisasi atau edukasi ini, berkaitan erat dengan kendala teknis yang kemungkinan akan dihadapi para orang tua. Asumsinya, belum semua orang tua siswa akrab dengan internet atau belum terbiasa mengurus pendaftaran dengan medium internet. Sementara, pendaftaran siswa baru yang selama ini dilakukan dengan cara tatap muka langsung mulai dikurangi dengan adanya penerapan PPDB online ini. Bisa dipastikan muncul semacam kegagapan teknologi yang akan dihadapi sebagian pendaftar. Kegagapan semacam itu sebuah hal yang wajar. Mengingat PPDB online merupakan sebuah cara atau sistem yang baru diterapkan beberapa tahun belakangan.

Maka dari itu sekolah mengambil kebijakan yaitu Kepada Seluruh Orang Tua dan Anak-anak Calon Siswa-siswi Baru SMAN Muara Kelingi yang ingin mendaftar PPDB Online yang memiliki permasalahan jaringan dan tidak mampu mendaftar online maka silakan bapak ibu serta ananda sekalian mulai besok Kamis, 07 Mei 2020 jam 07.30 s.d 14.00 datang kesekolah langsung menghadap panitia PPDB di sekolah, dengan catatan membawa berkas2 dan jagan lupa memakai Masker.

Untuk Daftar secara Online silakan klik: https://ppdb.sman1kelingi.sch.id/beranda

Berkas yang kami maksud adalah:

1. Foto Copy Kartu Keluarga

2. Foto Copy Akta Lahir

3. Foto Copy Kartu PIP/ KIP (jika ada)

4. Foto Copy Kartu KKS/PKH (Jika Ada)

5. Foto Copy Raport SMT 1 s.d 5

6. Pas Poto Terbaru 3x4

Humas SMAN Muara Kelingi
DONI MARIS, M.Pd




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment