2023 Tim Pelatih Kompetisi Sains Nasional SMAN Muara Kelingi Incar Juara Tingkat Nasional
BERITA SEKOLAH

By Doni Maris Indra 14 Mar 2023, 12:46:47 WIB Prestasi Sekolah dan Siswa
2023 Tim Pelatih Kompetisi Sains Nasional SMAN Muara Kelingi  Incar Juara Tingkat Nasional

Gambar : Target Juara KSN Tingkat Nasional 2023


Muara Kelingi, 14 Maret 2023

Tim Pelatih Kompetisi Sains Nasional SMAN Muara Kelingi  Incar Juara Tingkat Nasional            

Balai Pengembangan Talenta Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Setiap tahun mengadakan lomba untuk mencari bibit-bibit atau siswa yang memiliki talenta  bergengsi dibidang Sains. Lomba diadakan mulai dari tingkat kabupaten/kota, kemudian tingkat provinsi dilanjutkan ke tingkat nasional.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya SMA Negeri Muara Kelingi selalu menempatkan perwakilannya di tingkat provinsi. Walaupun beberapa kali gagal dalam ajang begengsi ini, dan belum memiliki kesempatan untuk berkiprah di tingkat nasional. Hal ini menjadi, cambuk bagi seluruh warga sekolah. Terutama bagi para pelatih dan peserta. Tentu saja cambuk ini membuat siswa dan para pelatih terus bertekad untuk menempatkan perwakilan ditingkat nasional.

(Nampak Pelatih KSN Mapel Kimia M. Asyari Pupanosa, M.Pd.Si)

            Kepala SMA Negeri Muara Kelingi, Fahmi Hadian, M.Pd. mengungkapkan jika pada tahun ini. Bapak dan Ibu Guru yang melatih olimpiade merupakan bapak dan ibu guru yang memang ahli pada bidangnya masing-masing dan rata-rata bergelar Strata Dua (S-2) dari perguruan tinggi favorit yang ada di Indonesia. Kemudian para pelatih ompiade ini merupakan guru yang ahli dan sebagain besar telah mengantarkan siswa menjuarai olimpiade di tingkat kabupaten dan provinsi.

            Jika pada tahun sebelumnya, kami tidak memiliki target. Maka tahun ini kami menargetkan untuk juara umum  KSN di tingkat Kabupaten Musi Rawas. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh beberapa orang pelatih KSN. Kepada tim jurnalistik SMA Negeri Muara Kelingi ketika tim jurnalistik mengunjungi anak-anak yang sedang tekun berlatih. Bertempat di perpustakaan SMA Negeri Muara Kelingi setiap jam istirahat para siswa peserta Olimpiade selalu giat berlatih.

(Kepala Sekolah Fahmi Hadian, S.Pd.,M.Pd)

            Pada kesempatan ini itu juga, kepala Sekolah menyampaikan kepada para pelatih dan seluruh siswa yang ikut KSN. Tetap berlatih dengan semangat, karena kepala sekolah menjanjikan pada para siswa maupun pelatih. Jika berhasil menjuarai KSN mulai dari tingkat Kabupaten ataupun Provinsi bahkan Nasional. Kepala Sekolah akan memberikan apresiasi, bagi yang berhasil menyabet juara. Walaupun bentuk apresasi belum disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah, beliau mengatakan ini adalah apresiasi dari Kepala Sekolah. Tentu saja ini akan menjadi surprise yang begitu indah. Dan layak kita tunggu ujar kepsek pada kesempatan itu.

Pelatih

(Pelatih KSN Mapel Matematika  Hariana Agista, S.Pd)

     

      

(Siswi-siswa KSN Fisika sedang berlatih memecahkan Soal)

Sementara itu, beberapa pelatih KSN yang berhasil kami temui diantaranya, M. Asyari Pupanosa, M.Pd (KSN Kimia), Agustina, S.Pd (KSN Biologi) Heni Anggraini, S.Pd (KSN Fisika) dan Hariana Agista, S.Pd (KSN Matematika) mereka meceritakan  ”Semua siswa yang ikut berlatih memiliki semangat juang yang sangat tinggi. Hal ini bisa dibuktikan dengan rajinnya siswa tesebut berlatih dan mereka rela menghabiskan  jam istirahat mereka untuk berlatih”. Sementara teman-teman mereka sibuk ke kantin dan bermain. Tapi anak-anak KSN tetap asyik dan enjoy mengikuti sesi berlatih bersama anggota KSN lainnya.

(Nampak Pelatih KSN Mapel Biologi  Agustiana, S.Pd)

Ketika ditanyakan bagaimana strategi yang mereka terapkan, untuk menjuarai KSN tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Mereka memaparkan dengan giat berlatih, dan memberikan waktu spesial bagi anak-anak kemudian mencari ajang-ajang pemanasan. Untuk mengetahui sejauhmana materi yang diperoleh siswa mampu mereka pahami. Kemudian ada beberapa trik atau cara ujar mereka, tetapi memang tidak bisa mereka sampaikan karena ini merupakan trik atau jurus yang ampuh dan pantang untuk diketahui oleh calon lawan kita pungkasnya.

Sementara dari hasil pantauan langsung tim Jurnalistik SMA Negeri Muara Kelingi, terlihat bahwa anak-anak KSN memang memiliki semangat juang yang sungguh luar biasa. Karena mereka juga mengikuti kelas ini melalui beberapa rangkaian tes kompetensi yang diadakan oleh pelatih, dan tentunya tidak sembarang anak yang bisa ikut kelas KSN. Mereka yang terpilih telah melewati beberapa kali tes yang begitu ketat.

(Nampak Pelatih KSN Mapel Mutiara Kencana Dewi, S.Pd)

Berikut nama-nama tim pelatih KSN SMA Negeri Muara Kelingi. 

1. Pelatih KSN Kimia (M. Asyari Pupanosa, M.Pd.Si)

2. Pelatih KSN Geografi (Erlius, S.Pd)

3. Pelatih KSN Biologi (Agustina, S.Pd)

4. Pelatih KSN Fisika (Henni Anggeraini, S.Pd)

5. Pelatih KSN Matematika (Hariana Agista, S.Pd)

6. Pelatih KSN Kebumian (Mutiara Kencana Dewi, S.Pd)

7. Pelatih KSN Astronomi (Leni, S.Pd)

8. Pelatih KSN Ekonomi (Lusi Nurmala Sari, S.Pd)

9. Pelatih Informatika (Putra Sanjaya, M.Pd) 


            Tetap semangat berlatih, tim KSN SMA Negeri Muara Kelingi.. insya Allah kita mampu bersaing di Tingkat Nasional. Semoga tahun 2023 SMAN Muara Kelingi Penuh dengan Juara dan Prestasi.

Penulis/ Redaksi: Peri Saputra, M.Pd

Editing Berita: Doni Maris, S.Pd., M.Pd




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment